Bitcoin

If you want to donate some bitcoin, I really appreciate.

1PQxB3sTzRx39RbtpYLLY8AR1fRQRyj2sk

Tuesday, June 13, 2017

Monumen Simpang lima gumul, Mirip dengan L’Arc de Triomphe Paris?

Monumen Simpang Lima Gumul merupakan sebuah monumen di Kediri yang didirikan dengan tujuan memajukan perekonomian masyarakat Kediri. Namun Beberapa kabar menyatakan bahwa Monumen yang populer dengan sebutan “SLG” ini didirikan atas dasar amanat Raja Kediri pada abad XII yang ingin menyatukan 5 daerah yang berada di Kabupaten Kediri.
Monumen Simpang lima gumul, Mirip dengan L’Arc de Triomphe Paris?
Monumen Simpang Lima Gumul
Kota Kediri yang selama ini dikenal sebagai Kota Administratif, ternyata menyimpan banyak sejarah. Tidak hanya itu, Kota tempat bertengger nya Gunung Wilis dan Gunung Kelud ini ternyata juga mempunyai banyak destinasi wisata, yang tidak kalah bagusnya dengan wisata di kota kota lain.  Salah satu wisata favorit yang sekaligus icon Kota Kediri adalah Monumen Simpang Lima Gumul.

Berdirinya Monumen Simpang Lima Gumul ini tidak lain adalah berkat ide Bapak Sutrisno, Bupati Kediri, pada tahun 2003. Monumen ini dibangun tepat di tengah tengah simpang lima yang mengarah ke Kota Kediri, Pesantren, Pagu, Gurah, dan Kampung Inggris (Pare).

Spesifikasi Fisik Monumen Simpang Lima Gumul

Berikut ini adalah spesifikasi tinggi, luas dan jumlah sarana dari Monumen Simpang Lima Gumul:
SubjekSize
Tinggi Bangunan6 Meter
Luas804 meter persegi
Jumlah Lantai6
Jumlah Tangga3
Tinggi Tangga3 Meter
Angka angka yang digunakan sebagai parameter bangunan diatas bukanlah jumlah angka sembarangan, melainkan menyimpan filosofi tersendiri. Dimana angka angka tersebut melambangkan Hari Jadi Kota Kediri, yang jatuh pada 25 Maret 804 Masehi.
Pada bagian luar dinding bangunan terdapat beberapa gambar (Relief). Relief tersebut merupakan gambaran masyarakat Kediri pada jaman dahulu.
Di sudut bangunan terdapat sebuah arca yang cukup besar, yaitu arca Ganesha. Bagi umat hindu, Ganesha adalah dewa penolak bala, dewa pelindung, dewa pengetahuan dan kecerdasan.
Monumen Simpang lima gumul, Mirip dengan L’Arc de Triomphe Paris?  Monumen Simpang lima gumul, Mirip dengan L’Arc de Triomphe Paris?
Arca Ganesha
Ada satu lagi yang unik dari wisata ini, yaitu terowongan bawah tanah. Ketika berbicara terowongan mungkin bayangan anda adalah sebuah tempat yang gelap, di dalam tanah, angker, dll. Kenyataan nya adalah sebaliknya, terowongan di bawah tanah ini sangat terang benderang, terutama pada saat malam hari. Ketika anda masuk ke dalam terowongan, anda akan merasa seolah olah anda berada di sebuah stasiun kereta api di Jepang, sangat terang dan mega.


Lorong Bawah Tanah
Untuk wisatawan yang berkunjung ke Monumen ini dapat memarkirkan kendaraan nya di tempat yang telah disediakan, tidak jauh dari lokasi monumen. Dari tempat parkir menuju lokasi monumen, wisatawan dapat berjalan melintasi terowongan bawah tanah.
Biaya Parkir Kendaraan Rp. 2.000
Di dekat area parkir juga terdapat banyak penjual makanan yang menjajakan makanan khas Kediri. Sajian khas kediri yang dapat dijumpai di sana yaitu
  • Lontong Sayur
  • Pecel
  • Nasi Gurih
  • Nasi Bakar, dll.
Tidak hanya itu, wisatawan yang ingin membelikan oleh oleh buat keluarga dirumah juga bisa mendatangai salah satu outlet yang menjual beragam souvenir catnip.

Monumen Simpang Lima Gumul mirip sama Museum L’Arc de Triomphe, Paris?

Apabila diperhatikan sekilas, Monumen Simpang Lima Gumul ini mirip dengan sebuah monumen yang ada di Paris, yaitu monumen L’Arc de Triomphe. Berikut ini penampakan kedua foto monumen tersebut:

Monumen Simpang lima gumul, Mirip dengan L’Arc de Triomphe Paris?  Monumen Simpang lima gumul, Mirip dengan L’Arc de Triomphe Paris?  Monumen Simpang lima gumul, Mirip dengan L’Arc de Triomphe Paris?  Monumen Simpang lima gumul, Mirip dengan L’Arc de Triomphe Paris?
L’Arc de Triomphe Paris VS Mounumen Simpang Lima Gumul
Mirip ya?
Meskipun kedua monumen tersebut tampak mirip, namun filosofi nya berbeda antara satu dengan yang lain.
Jika Monumen Simpang Lima Gumul di dirikan atas dasar kemajuan ekonomi masyarakat, Museum L’Arc de Triomphe didirikan atas dasar penghormatan terhadap pahlawan yang bertempur dalam perang revolusi Perancis dan pertempuran Napoleon.

Lokasi Simpang lima gumul

Lokasi Monumen Simpang Lima Gumul tidak terlalu jauh dari pusat Kota Kediri, yaitu membutuhkan kurang lebih 20 menit perjalanan. Monumen ini terletak di Desa Tugu Rejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri.
Jika berangkat dari Bandara Juanda Surabaya, maka jarak yang harus ditempuh kurang lebih 120 KM.
Saat yang tepat untuk berkunjung ke wisata ini adalah pada malam hari. Selain suasana nya yang dingin, pada malam hari monumen ini tampak lebih “glamor” yang dikarenakan lampu lampu yang memenuhi sisi bangunan.
Sudah pernah kesini? Jika belum, ajak keluarga maupun kerabat untuk berkunjung. Jangan lupa bawa kamera ya.

No comments:

Post a Comment